Rabu, 31 Agustus 2011

Indahnya Eid Fitri, Buahnya Berkah Ramadhan

Allahu Akbar... Allahu Akbar Allahu Akbar..
Laa ilaaha illallaahu wallallahu Akbar..
Allahu Akbar,,
Walillahilhamdu...

Gema Takbir berkumandang di seluruh penjuru masjid dan di sepanjang jalan raya..
tabuh genderang menyambut hari raya esok harinya selalu membuat merinding..
Rasa Senang, namun lebih mengusik rasa haru dan sedihku kali ini..

Haru,, karena Allah selalu menghadiahkan bulan baikNya untuk mereka yang bertaqwa, memberikan bonus- bonus bagi umat Rasulullah yang merindu dengan pahala-pahala kebaikan yang luar biasa di tiap tahun Ramadhan.

Sedih, karena ramadhan Ramadhan tahun ini benar-benar memberikan kesan Qur'an padaku yang tak rela kulpeaskan kepergiannya, namun tak kuasa saat ia bergegas pergi.. menyiapkan segala sesuatunya untuk kemasan 'hadiah' bagi umat muslim yang bertaqwa tahun depan.. Namun aku tak kan pernah tahu apakah dapat bertemunya kembali atau tidak.

Aku pun percaya, bahwa indahnya suasana di hari lebaran adalah buah dari berkahnya ramadhan yang mengiman dalam hati setiap umatnya. kebersihan hati yang dipupuk saat Ramadhan mulai menampakkan wajah baru dan enak dipandang ketika lebaran tiba..

yang kuinginkan adalah,,
momen lebaran,, dengan semboyannya "kembali suci di hari nan fitri", atau "mulai dari nol lagi' harusnya menjadi quote yang elegan untuk para umat untuk selalu membasahi ruhiyahnya dengan pribadi yang qur'ani.. momemn lebaranlah yang menjadi kesempatan untuk mempraktekkan akhlakul karimah..

*setelah melihat bagaimana perawakan kebanyakan manusia setelah Ramadhan,, kembali dulu.. tak manis seperti mereka berada di Bulan Ramadhan.. :(

karena kita tahu bahwa sukses tidaknya ramadhan kita tahun ini adalah bagaimana kita berperilaku dan berakhlak di 11 bulan berikutnya..
Memperbanyak pula amalaan sholih pasca Ramadhan, harusnya sudah menjadi agenda wajib kita agar selalu dapat raih ridhoNya hingga akhirat merindukan kedatangan kita dan surga berebut memberikan undangan kepada kita masuk sebagai penghuninya..

amalan-amalan yang tak terlihat berat, *karena dapat dijalankan saat kita menjadi penghuni Ramadhan, harusnya juga tak menjadi berat untuk amalan kebaikan kita di bulan syawal dan 10 bulan lainnya..

-memperbanyak senyum, menebar salam, perbanyak salam, selalu berwajah ceria dan ramah, memperbanyak sedekah, mendahulukan orang lain dalam perkara non-ibadah, saling menasehati dalam kebaikan, memuliakan tamu, menjaga pandangan, tawadhu' dan tidak pamer kekayaan, selalu memperbanyak interaksi dengan Alqur'an dan ak pernah melupakan ibadah waajib serta sunnah-

Insya Allah,, dengan tetap menjalankan perkara-perkara tersebut,, tahun ini pun kita tetap menang..
hingga Ramadhan akan sudi menyambut kita di surga dari pintu Arrayan.
amiiiiin..

Yaa Mujiibassailiiin.. perkenankan do'a hamba,, agar tetap bisa bertemu dengan RamadhanMu tahun Depan..
Allahumma hallimna hifdzul kitaaabak,, Allahumma Sahhil umurona wa umuro waa lidaina wa umurol muslimiina fiddunya wal aakhirah..

ya Allah ridhoilah kami masuk dalam surgaMu, dan lindungilah kami dari siksa api neraka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar